Jumat, 18 Desember 2009

Bagaimana dengan Mereka ?

"Oh betapa indahnya
hidup kita Jalani
tiada waktu terlewat
tanpa bahagia
mari lihat keluar
terkadang kita lupa
kita tak sendiri

menikmati indahnya
hidup yang diberikan
oleh sang pencipta

Bagaimana dengan mereka..
yang menjerit karena lapar
yang hidup dari belas kasihan
orang seperti kita

Bagaimana dengan mereka
yang tak punya apa-apa
apa yang telah kita buat
karena kita menciptakan
tuk berbagi hidup dengan mereka"

senin lalu , tanggal 14 des'09, ME (*misi eksternal) dari pmk ngadain acara bagi-bagi makanan ke anak-anak jalanan. antusias gw gag terlalu besar sebenarnya, soalnya gw emang belum pernah ngelakuin itu sebelumnya, iseng-iseng lebih tepatnya. kami carter angkot dari kampus, terus jalan dari terusan buah batu ke soekarno hatta, kami belum dapet target. terus kami ngelewatin flyover jalan jakarta,turun dekat stasiun. malam udah gelap banget gag keliyatan apa-apa. sepertinya orang-orang itu masih kerja untuk nyari sesuap makan dan tempat tinggal mereka untuk malam itu.

kami ngelanjutin perjalanan lagi. kurang tau gw nama jalannya apa, kami berhenti di sebuah lampu merah. disitu gw ngeliyat anak-anak lagi ngamen ke mobil-mobil pas lampu merah nyala. beberapa temen gw nyamperin mereka bawa beberapa bungkus makanan yang udah kami bawa. 2 orang temen gw pergi ke sudut lampu merah yang lain. disitu gw nemuin mereka berdua lagi ngobrol dgn seorang anak kecil. namanya epul. gw rasa nama lengkapnya saepul. umurnya sekitar 5tahunan kalo gag salah.

epul sekolah di sekolah paulus, kayaknya sekolah khatolik. katanya dy sekolah gag bayar. banyak hal-hal yang kami tanya sama epul. dy punya seorang adik yang masih bayi. rumahnya ada dibelakang pom bensin katanya. selesai kami nanya2 epul, kami foto-foto sebentar sama epul. gw ngelus sedikit kepalanya. sebelum kami pergi juga, kami ngasih 2 bungkus nasi buat dia. lalu kami melanjutkan perjalanan kami.

kami berjalan terus, akhirnya kami sampai di jalan daerah pasarbaru,cibadak ya deket2 situ laah. pertama kami pergi bareng-bareng. tapi akhirnya gw lagi-lagi misahin diri dari rombongan itu. gw pergi bertiga aja nyusuri jalan. agak jauh juga nih jalannya. dari otista akhirnya sampe di kings,bayangin. sepanjang jalan kami gag ada nemuin. pas gw jalan nyusurin kings sama temen-temen gw, ada 3 anak kecil lewat diseberang jalan kami. kata salah satu temen gw, got coba panggil mereka. yaudah akhirnya gw panggil deh, gw ajak ke tempat temen gw yang nunggu.

3 orang anak itu namanya kusnaidi,aisyah sama satu lagi yang rambut panjang gw lupa namanya. yang rambut panjang itu sama kusnaidi saudara, mereka kakak adik. si aisyah ini ayahnya tukang becak tapi dia udah putus sekolah. nah kalo yang rambut panjang ini masih sekolah, punya rumah tapi dy lebih milih tinggal di masjid alun-alun. rumahnya sekedar buat singgah aja gw rasa. katanya mereka gag betah di rumah, soalnya tetangga mereka ngehina mereka yang miskin dan gag punya apa-apa. ada satu anak lagi dateng, temen mereka namanya reza.

kami ngasih makanan ke mereka, mereka makan disitu. yang agak salahnya, kami nyuruh mereka makan disitu. agak gag enak juga sih posisinya, debu dimana-mana. jadi sebaiknya lain kali, mending mereka bawa pulang aja makanannya. gag semua mereka makan, malah disisain, ujungnya dibuang.

saat ngebagiin makanan itu, gw sambil merenung dalam hati. beruntung banget gw masih punya keluarga yang utuh, punya kehangatan dalam keluarga. punya waktu menjalani masa kecil layaknya anak kecil gag seperti mereka yang mesti bantu orangtua nyari duit, buat makan tiap hari. iya kalo mereka dapet duit cukup buat makan, kalo gag cukup berarti mereka gag makan dong. masih bisa beli macem-macem dengan minta sama orangtua.

mungkin kita pernah merasa / mengalami masalah yang begitu dahsyatnya sampai-sampai kita nemu jalan buntu. gatau mesti bagaimana. ngerasa kalo cobaan yang dialami bener-bener berat. tapi ternyata di luar sana, masih banyak banget orang-orang yang mengalami penderitaan yang lebih luar biasa dari kita. terkadang kita tidak mensyukuri apa yang kita punya. padahal sebenernya bagi temen-temen kita yang gag mampu, udah sangat cukup bahkan lebih dari itu.

mulai sekarang gw mau untuk selalu bersyukur atas apa yang udah dikasih sama Tuhan, dan berusaha untuk memanfaatkan fasilitas yang udah Tuhan percayakan sama gw sebaik mungkin. God bless you all :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar