Sabtu, 02 April 2011

JSYK - Penanganan Singkat u/ Pingsan & Asma

Jadi gini, tahun 2009 lalu pas gue jadi Panitia Bible Camp (salah satu kepanitiaan di PMK kampus gue), gue bersedia untuk jadi helper temen-temen di Sie. Dokes buat nanganin permasalahan sakit peserta BC. Jadi helper, ngga mungkin ngga dibekalin kan ya. Gue mau berbagi apa yang gue catet waktu pembekalannya ...

PINGSAN
  • Jangan dikerubutin. Evakuasikan temen kita itu ke tempat yang baik dan nyaman.
  • Rebahkan (angkat kaki temen kita itu kira-kira 30 cm).
  • Pakaian diusahakan dilonggarkan.
  • Jangan memakai bau-bauan ( misalnya : kaos kaki kita yang bau busuk, kasihan nanti temen kita haha).
  • Selaput jarinya ditekan kecil-kecil.
  • Kalo temen kita udah bangun, hal yang harus kita lakukan adl kasih dia minuman yang hangat (misalnya : teh manis hangat). Atau mungkin kalo belum makan, kita beri dia makanan.
  • Untuk membedakan temen kita, apakah dia pingsan atau tidur, buka aja kelopak matanya, kalo bola matanya berada di tengah berarti dia pura-pura!
ASMA
  • Pake in-healer, tetapi tidak dianjurkan.
  • Berikan tempat yang nyaman.
  • Bantu pernapasan dengan aba-aba.
  • U/ pencegahannya, temen-temen bisa ingatkan dia supaya minum obat asmanya sebelum dia beraktivitas, tujuannya agar penyakitnya ngga kambuh.
  • Penyebab asma ini bisa karena kedinginan, maupun kecapek-an. Jadi, temen-temen pasti tau gimana untuk mengatasinya.
Sekian, semoga bermanfaat walaupun ngga seberapa yang dicatet hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar